Kamis, 24 November 2011

Konservasi Sumber Daya Air

 
Air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk yang ada di bumi. Tanpa air makhluk hidup tidak akan bertahan. Unsur kehidupan yang dapat membuat makhluk hidup bertahan adalah air yang bersih, air yang sehat. Jika air kotor dapat menimbulkan penyakit. Benda cair yang satu ini digunakan untuk minum, mandi, mencuci, dan berbagai kebutuhan sehari-hari. Zat yang ada di dalam unsur air dapat menyehatkan makhluk hidup yang meminum air yang bersih. Pada manusia air adalah penghilang rasa haus. Air yang sudah diminum dapat memperbarui sel tubuh yang mati. Pada tubuh manusia terdapat air yang berwarna merah, yaitu darah. Tanpa air yang ada di dalam tubuh sari-sari makanan tidak dapat dikirim ke seluruh tubuh. Jika tidak dikirim ke seluruh tubuh maka akan menyebabkan penyakit. Tak jauh beda dengan hewan dan tumbuhan, makhluk hidup selain manusia ini juga memerlukan air untuk hidup. Dunia tanpa air akan menjadi kering kerontang.
Pernahkah Anda membayangkan tidak ada air bersih di dunia ini. Makhluk hidup akan banyak yang terserang penyakit, dan akhirnya meninggal dunia. Jika tidak ada air, pencernaan manusia tidak akan lancar, menjadi penyakit dan akhirnya meninggal dunia. Tumbuhan akan layu. Hewan akan mati kehausan. Tidak ada kehidupan di dunia ini jika tidak ada air bersih.
Tuhan Maha Adil. Tuhan telah menciptakan dunia dengan segala keseimbangan yang ada. Bagaimana tidak? Tuhan menciptakan panas yang menyebabkan air menguap, dan menciptakan hujan yang menurunkan air. Tuhan juga menciptakan air bersih dari sumber-sumber air yang berada jauh di bawah permukaan bumi, yang biasanya di sebut dengan mata air. Mata air yang belum terkontaminasi dengan polusi air sangat bersih. Dapat langsung meminumnya untuk penghilang dahaga.
Pabrik yang sangat banyak di Indonesia, dengan limbahnya yang beraneka ragam, baik limbah cair, padat dan gas. Limbah tersebut jika pengelolaannya tidak teratur dapat merugikan lingkungan sekitar. Limbah cair dapat mengakipatkan pencemaran air di sungai. Lebih parah lagi apabila terdapat pabrik di sumber mata air yang menyebabkan sumber mata air terkontaminasi limbah pabrik.
Dengan adanya sumber daya air yang luar biasa menjadi kebutuhan kehidupan bagi makhluk hidup di bumi, kita sebagai manusia harus menjaga kelestarian sumber daya air tersebut. Hal ini juga berfungsi untuk anak cucu kita kelak. Jangan sampai kita meninggalkan masalah yang berefek pada generasi penerus. Bagaimana upaya untuk melindungi sumber daya air untuk kehidupan kita? Berikut cara-cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya air yang ada di bumi kita tercinta.
1.       Tidak membangun pabrik di dekat mata air.
Pabrik adalah buatan manusia. Sisa hasil industri pabrik dapat berwujud padat, cair, dan gas. Jika membangun pabrik di dekat mata air berakibat fatal karena terdapat kemungkinan mata air dapat terkontaminasi oleh limbah pabrik.
2.       Pengelolaan limbah pabrik yang optimal.
Yang dapat kita lakukan untuk berperan serta dalam konservasi sumber daya air adalah mengelola limbah pabrik dengan baik. Misalnya limbah pabrik padat dibedakan antara organic dan anorganik. Untuk limbah pabrik yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk. Jika beracun pengolahan limbah harus sesuai dengan peraturan yang ada, misalnya dapat dilebur atau ditimbun. Karena dengan ditimbun, limbah padat yang organic dapat diuraikan oleh tanah dan yang anorganik tersimpan dalam tanah. Jika berbentuk cair, maka dalam pengelolaannya jauhkan  dari sumber mata air lingkungan tempat tinggal penduduk sekitar. Untuk yang berbentuk gas, adanya penanaman pepohonan di lingkungan sekitar pabrik agar lingkungan tetap sejuk dan bersih karena karbondisoksida bagi tanaman dapat dimasak dan dihasilnya oksigen untuk pernapasan manusia.
3.       Gerakan menanam pohon.
Pohon adalah paru-paru dunia. Pohon dapat menyerap air lebih banyak. Dengan adanya menanam pohon, air hujan tidak langsung membanjiri lahan, tetapi ditahan di pepohonan, sehingga alam pun menjadi seimbang.
4.       Menjaga keseimbangan alam.
Menjaga keseimbangan alam ini dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan, misalnya di sungai, yang dapat menyebabkan air sung
5.       Sosialisasi akibat jika tidak menjaga sumber daya air.
Sosialisasi ini penting untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga dan melestarikan sumber daya air dan memahami jika tidak menjaga kelestarian sumber daya air.
6.       Tidak boros menggunakan air.
Hal yang paling simple yang dapat dilakukan oleh setiap orang adalah tidak boros dalam menggunakan air. Berhematlah menggunakan air kawan! Karena jika kita boros menggunakan air, selain bayar tagihan air membengkak, sumber daya air yang harusnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain tidak bisa dimanfaatkan. Air terbuang dengan sia-sia.
7.       Matikan kran.
Jangan lupa matikan kran jika tidak butuh dan buka kran secukupnya saja. Jika terlalu besar maka air yang akan keluar sangat melimpah sehingga terbuang begitu saja.
Dengan segala karunia yang diberikan kepada kita umat manusia, hendaklah kita menjaga dan melestarikan sumber daya air yang ada di dunia kita agar alam kita tercinta dapat terus lestari. Mari kita berperan serta dalam konservasi sumber daya air di bumi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar