Rabu, 07 Desember 2011

Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI


Sangat unik dan luar biasa jika bisa mengikuti lomba ini. Lomba yang dapat menginspirasi kita, membuat kita lebih berimajinasi dengan pemikiran kita sendiri yang hanya manusia biasa untuk dapat menjadi seorang yang memiliki jabatan di Negara Indonesia kita tercinta ini. Yups, menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Suatu lembaga tinggi Negara dalam sistem pemerintahan Republik Indonesia yang beranggotakan perwakilan dari tiap propinsi. Anggota DPD sendiri dipilih oleh rakyat melalui Pemilihan Umum (Pemilu).
Seandainya saya menjadi anggota DPD RI, hal ini bukan semata-mata sebagai suatu kebanggaan, tapi suatu tanggung jawab yang harus dituntaskan dalam kurun 5 tahun masa jabatan. Dari diri sendiri dibekali kejujuran dan bertanggung jawab akan menjadi pondasi pada masa jabatan saya. Sebagai salah satu dari 4 orang yang dipilih rakyat menjadi wakil rakyat, merupakan suatu kehormatan bagi saya pribadi untuk selalu menerima aspirasi dan inspirasi dari rakyat. Apalagi dengan system pemerintahan kita yang demokratis, yaitu dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Rakyat yang memilih saya menjadi seorang wakil dari mereka, oleh rakyatlah perjuangan menyongsong kehidupan yang lebih baik saya merupakan fasilitator saja, dan untuk rakyatlah yang sudah mereka lakukan.
Bumi Indonesia sangat melimpah ruah kekayaan baik dari sumber daya alam, kebudayaan, sumber daya manusia, dan pariwisata, yang beraneka ragam. Sangat disayangkan jika semua itu tidak dikelola dengan baik. Fokus pada propinsi yang telah memilih saya menjadi seorang wakil mereka, akan diadakan suatu forum diskusi yang menampung aspirasi dari mereka, rakyat Indonesia. Forum diskusi ini diadakan rutin selama 6 bulan sekali di setiap kota madya atau kabupaten. Nantinya aspirasi akan ditampung dan didiskusikan di tingkat yang lebih tinggi. Fungsi dari menampung aspirasi rakyat adalah saya sebagai manusia biasa dapat mendengarkan langsung keluhan, teguran, dan ide kreatif dari mereka. Dari mereka kita dapatkan suatu ide-ide pengembangan tiap daerah menjadi lebih baik. Mereka yang mengerti dan memahami wilayah mereka masing-masing. Dari ide yang sudah dibungkus dengan matang, dilakukan peninjauan langsung ke lokasi. Jika yang mereka sampaikan adalah keluhan, maka keluhan akan disampaikan pada instansi yang berkaitan. Kemudian membantu mencarikan solusi atas permasalahan yang ada.
Indonesia memiliki kebudayaan yang beraneka ragam yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kebudayaan tersebut wajib dilestarikan. Misalnya mendirikan museum bersejarah yang berisi kebudayaan yang terdapat di wilayah tersebut. Museum ini dapat menjadi pariwisata sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. Kebudayaan juga harus dilestarikan yaitu dengan mendirikan sanggar atau tempat pelatihan, misalnya untuk melestarikan seni tari pendet maka mendirikan sanggar tari pendet. Tari-tarian tersebut ditampilkan pada saat acara kebudayaan atau terjadwal pada lokasi tertentu.
Sumber daya alam yang melimpah sayang jika dibiarkan begitu saja. Pengelolaan yang benar pada setiap sumber daya yang ada dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan yang benar yang dimaksud adalah menggunakan akan tetapi tetap melestarikan. Dalam mengelolanya pun akan lebih baik dengan tenaga Indonesia sendiri. Selain dapat memperluas lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja, dengan tenaga kerja warga Indonesia dapat memanfaatkan kemampuan warga Indonesia yang tergolong cerdas, tekun, dan terampil. Alhasil banyak sekali keuntungan yang diperoleh masyarakat diantaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tidak membiarkan sumber daya alam kita dijajah oleh Negara lain, dan taraf hidup meningkat.
Dengan pengelolaan sumber daya alam tidak terlepas dari pengasahan kemampuan tenaga kerja Indonesia. Warga Indonesia dapat diberi pelatihan atau training sesuai peminatan dan sumber daya yang dikembangkan. Pelatihan ini berfungsi jika sumber daya manusia ingin mandiri maka sudah dibekali pelatihan tersebut. Jika ingin menjadi sumber daya yang mandiri, menambah anggaran untuk peminjaman modal usaha tanpa bunga atau dengan bunga yang relatif rendah.
Indonesia terdiri dari pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke. Pulau-pulau nan indah saat ini belum dimanfaatkan dan dipelihara oleh pemerintah. Sebagai wakil daerah, akan dibidik tempat pariwisata yang dapat dikembangkan dan dipromosikan ke luar negeri. Untuk mempromosikannya dapat melalui web yang di-publish di internet. Kita dapat menambah lapangan kerja lagi dengan merekrut tenaga kerja Indonesia untuk memelihara website, misalnya menambah content dan meng-upgrade tampilan website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar