Rabu, 07 Desember 2011

Untung Sekarang Ada Internet, Kalau Dulu Harus Mengunjungi Perpustakaan atau Membeli Buku di Gramedia Untuk Mengerjakan Tugas dan Menambah Pengetahuan


 
Dulu pada saat saya masih duduk di kuliah, sebagai seorang mahasiswa saya harus menambah pengetahuan dengan sering membaca buku mata kuliah. Benar saja dosen sering memberikan tugas yang tidak ada di materi peelajaran mata kuliah. Alhasil karena ingin nilai tugas saya bagus maka saya harus menyempatkan diri mengunjungi perpustakaan di sela jadwal mata kuliah yang padat dan kegiatan organisasi mahasiswa. Jika pokok bahasan yang saya cari tidak ada di perpustakaan, mau tidak mau saya harus membeli buku di Gramedia. Betapa banyak sekali uang yang saya habiskan untuk membeli buku dengan harga buku yang relative mahal. Sepertinya ingin sekali saya borong semua buku, tapi mengingat isi kantong terbatas. Jika ingin buku yang murah, biasanya saya hunting buku di kuitang tak jarang saya tidak menemukan buku yang saya cari. Yups, resiko mahasiswa.
Seiring berjalannya waktu, internet pun masuk ke Indonesia dan semakin merajalela ditunjang dengan tarif yang relative murah dari provider. Hati saya tersangkut pada XL yang memiliki signal yang kuat dan tarif yang terjangkau saku mahasiswa. Dengan internet unlimited dari XL, browsing dan berselancar di dunia maya saya lakukan. Untung sekarang ada internet, kalau dulu harus repot mengunjungi perpustakaan atau membeli buku di Gramedia untuk mengerjakan tugas kuliah dan menambah ilmu pengetahuan saya. Untung ada internet, jika tidak uang saya ludes buat beli buku. Selain waktu yang harus saya sediakan khusus untuk hunting buku ke toko buku, waktu di jalan dan ongkos transportasi ke lokasi juga harus disediakan. Maklum saja, di tempat saya tinggal jauh dari lokasi.
Di internet kita tinggal mengunjungi situs mesin pencari yang sangat pintar, misanya “mbah Google” untuk mencari pokok bahasan yang kita cari.  Hanya dengan memasukkan keyword dari pokok bahasan yang kita cari, semua informasi dan artikel yang berhubungan dengan keyword akan muncul. Kita tinggal klik link situs yang kita maksud dan akan terhubung dengan artikel tersebut. Kita tinggal baca artikel yang tersedia. Jika tidak ada yang cocok kita dapat mencarinya dengan menggunakan keyword lain. Jika ingin mengadopsi tulisan, copy paste merupakan fitur yang sudah biasa di dunia komputer. Tentunya jangan lupa dengan menyertakan sumber dari mana kita mengambil tulisan tersebut. Jika tidak kita bisa disebut sebagai seorang plagiat. Tidak sulit bukan?
Sekarang sebagai seorang karyawan di salah satu perusahaan swasta di Indonesia, saya cenderung disibukkan dengan pekerjaan. Untuk menambah pengetahuan saya, tidak sulit bagi saya dengan adanya internet. Jika tidak ada internet, rasanya seperti hampa. Dunia kerja yang berhubungan dengan teknologi mendorong saya untuk cepat mengakses informasi tentang hal-hal baru di Indonesia maupun di dunia. Dengan adanya internet, kita bisa menjelajah dunia, memperbaharui pengetahuan yang semakin hari semakin bertambah dan semakin maju. Jika kita tidak memperbaharui pengetahuan kita, kita akan tertinggal zaman yang semakin hari semakin banyak teknologi yang dikembangkan. Dahulu handphone ber-operating system Symbian merupakan barang mahal dan istimewa. Sekarang zaman sudah maju, ada android, RIM, dan iOS yang bersaing menguasai pasar dunia. Teknologi apalagi yang akan hadir mendatang? Mari kita tengok di internet beberapa bulan atau tahun mendatang.
Berhubungan dengan teknologi gadget yang ada di pasaran juga beraneka ragam dengan fitur yang tersedia di dalamnya. Bagaimana kita bisa memperbaharui pengetahuan kita tentang gadget? Melalui internet hal yang tidak sulit untuk melakukan itu semua. Jika ingin membeli barang, kita bisa berselancar dulu di dunia maya mencari barang yang cocok buat kita. Kemudian kita bisa membeli yang melalui online dan melakukan pembayaran melalui online juga. Tak jarang saya membeli baju di internet karena saya cenderung malas untuk berdesak-desakan di pasar swalayan. Pembayarannya? Cukup mudah dengan sarana internet banking yang disediakan bank saat ini. Untung ada internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar